Rabu, 01 Januari 2014

Haul Keempat Presiden Keempat


Karena memiliki adik yang nyantri di Kota Santri, Kabupaten Jombang, tepatnya di Pondok Pesantren Tebuireng, aku mencatat salah satu event besar ponpes ini, yaitu Haul Keempat Presiden Keempat Republik Indonesia. 

Tapi tahukah kamu kalau haul keempat ini sedikit tidak biasa. Kenapa?
Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tengah menggelar rangkaian acara peringatan haul keempat presiden keempat Republik Indonesia, K.H. Abdurrahman Wachid atau biasa akrab dengan panggilan Gus Dur. Gus Dur lahir di Jombang, pada 7 September 1940. Ia wafat di Jakarta sebagai mantan Presiden keempat RI (1999-2001), 30 Desember 2009, pada usia 69 tahun. Selain pernah menjabat presiden, Gus Dur juga diingat sebagai tokoh muslim pluralis Indonesia dan pemimpin politik yang pernah mendeklarasikan Partai Kebangkitan Bangsa.
Acara haul yang puncaknya akan diadakan besuk (3 Januari 2014), di Tebuireng, Jombang ini dihadiri oleh orang nomor satu di negara kita saat ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY didaulat untuk mengisi ceramah pada peringatan malam hari di tengah keluarga Gus Dur, para kyai dan ribuan masyarakat umum yang menghadiri haul Gus Dur.

Haul Gus Dur yang harusnya diadakan tanggal 30 Desember lalu harus diundur menjadi tanggal 3 Januari karena harus menyesuaikan dengan jadwal kunjungan presiden ke Jawa Timur. Tapi ternyata sebelum dihauli di Tebuireng, telah diadakan haul besar-besaran pada tanggal 29 Desember 2013 di Ponpes Baitunnaim, aSurabaya dengan pengasuhnya, K.H. Muhammad Naim Ridwan (Gus Naim) serta di Kantor DPC PKB Surabaya karena besarnya kiprah beliau sebagai deklarator PKB.

Kembali lagi ke Jombang. Selain disirami ceramah presiden, haul juga dikhidmatkan dengan acara tahlil akbar usai salat Isya. Sebelumnya, rangkaian peringatan empat tahun wafatnya mantan Ketua Umum PBNU itu akan dimeriahkan beberapa kegiatan. Di antaranya, pagelaran seni barongsai dan liang-liong oleh komunitas Tionghoa ditambah penampilan hadrah 1.000 rebana.
Paket peringatan Haul Gus Dur sendiri dimulai 22 Desember 2013. Diawali pertemuan majelis pengasuh pondok pesantren se-Indonesia. Pertemuan itu akan diisi dialog budaya menghadirkan budayawan Emha Ainun Najib. Peserta juga akan diajak nonton bareng film 'Sang Kiai', yang berkisah tentang perjuangan pendiri Pesantren Tebuireng dan Pendiri NU KH Hasyim Asyari melawan penjajah.


Kalau kamu berminat mengikuti serangkaian acara haul ini, kamu bisa datang ke Ponpes Tebuireng besuk (03/01/14). Tapi untuk kamu-kamu yang tidak bisa datang ke tempat haul, cukup doakan beliau dari rumah saja. Bagaimana pun pengadaan haul, yang terpenting adalah doa kita untuk beliau di sana :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Android Tips, Tecno Android Phones and Download 2go